Terhubung dengan kami:

UI GreenCityMetric: Pemeringkatan bagi Kota Berkelanjutan di Indonesia

 

 

Latar Belakang

UI GreenCityMetric merupakan pemeringkatan bagi Kabupaten/Kota di Indonesia di bidang keberlanjutan dan pertama kali diluncurkan pada tahun 2022. UI GreenCityMetric terdiri atas 6 kategori penilaian, antara lain Penataan Ruang dan Infrastruktur (SI), Energi dan Perubahban Iklim (EC), Tata Kelola Sampah dan Limbah (WS), Tata Kelola Air (WR), Akses dan Mobilitas (TR) serta Tata pamong/Governance (GV). Dengan Pemeringkatan UI GreenCityMetric Kabupaten/Kota di Indonesia diharapkan dapat bertransformasi menjadi kota dan kabupaten yang berkelanjutan. Pada tahun 2022, sebanyak 34 Kabupaten/Kota berpartisipasi dalam pemeringkatan ini.

Tujuan Pemeringkatan

  1. Mengajak pemerintah kabupaten/kota untuk melakukan transformasi menuju kabupaten dan kota berkelanjutan dengan menggunakan metrik yang terukur.
  2. Menyediakan forum untuk saling belajar dan berbagi pengalaman di antara pemerintah kabupaten dan kota.

Pengembangan dan peningkatan Instrumen Pemeringkatan di masa mendatang

Kami menggunakan seperangkat kriteria dan metodologi yang telah dipikirkan secara hati-hati agar sederhana dan cukup mudah untuk diisi tanpa banyak usaha, tetapi pada saat yang sama, memberikan informasi tentang indikator-indikator utama. Kami menyadari bahwa pemeriksaan kritis terhadap instrumen pengumpulan data akan menghasilkan wawasan yang dapat membantu meningkatkannya. Oleh karena itu, kami telah memberikan kuesioner kepada dewan peninjau independen dan akan menerima komentar dari peserta yang dapat digunakan untuk memperbaiki dan menyempurnakannya di versi berikutnya.

Ikut serta dalam UI GreenCityMetric

Kota dan Kabupaten dapat mengirimkan data dengan mengisi formulir survei online yang tersedia. Prosesnya relatif sederhana dan tidak terlalu memakan waktu. Kami percaya bahwa waktu singkat dan upaya kecil yang dilakukan akan lebih dari sekadar memberi penghargaan kepada semua orang yang tertarik pada masalah keberlanjutan. Jangka waktu penyerahan data melalui formulir online akan berlangsung dari sekarang hingga menjelang akhir tahun. Kami kemudian akan menghitung skor untuk semua universitas yang telah mengirimkan data dan mempublikasikan peringkat yang dihasilkan pada bulan Juli.